5 Minuman Kuliner China yang Ada di Indonesia – Kuliner yang ada Indonesia di pengaruhi budaya China ini cukup banyak. Ada soto, bakso, bakmi, kue bulan, timlo, bakpia, sampai lumpia sekalipun mendapat pengaruh dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Pengaruhnya tidak roulette online hanya sebatas pada makanan saja. Bahkan dari minuman di Indonesia yang ternyata hasil asimilasi dengan budaya China juga.

1. Wedang ronde

Wedang ronde mempunyai kuah manis pedas yang terbuat dari gula dan jahe. Di dalamnya berisi bola-bola legit yang terbuat dari tepung beras yang berisi kacang. Minuman Wedang ronde memang populer sekali di Jawa Tengah. Namun, minuman tersebut pertama kali di perkenalkan oleh imigran asal China. Wujudnya sama seperti dengan makanan asal negera tersebut, yaitu tangyuan.

2. Wedang sekoteng

Wedang sekoteng mempunyai kuah sama seperti wedang ronde, untuk isi nya tidak sama. Isi yang ada di wedang sekoteng sendiri terdiri dari roti tawar, pacar cina, kacang hijau, dan sagu mutiara. Minuman tersebut sudah sejak pemerintahan Dinasti Qin. Di sana, sekoteng di kenal dengan nama sukothung. Isinya terdiri dari empat macam bahan, yakni lengkeng, biji teratai, kacang amandel, dan biji jail.

3. Ce hun tiau

Minuman tersebut mirip dengan cendol karena terdapat adonan mirip mi yang terbuat slot777 dari tepung dan di padukan dengan kacang merah serta ketan hitam. Ce hun tiau populer sekali di Pontianak. Saat bulan Ramadan tiba, banyak masyarakat Muslim di sana yang memilih minuman segar ini sebagai menu berbuka puasa. Namanya pun diambil dari bahasa Tio Ciu,. Ce memiliki arti ‘ubi’, hun adalah ‘tepung’, dan tiaw diartikan sebagai bentuk dari balok yang memanjang.

4. Es kacang merah

Es kacang merah ini sangat populer di Palembang. Tidak di sangkah minuman yang nikmat banget di santap usai menikmati pempek tersebut merupakan hasil asimilasi budaya dengan China. Kacang merah sendiri merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sering banget di gunakan sebagai bahan masakan orang China dan negara di Asia Timur lainnya. Minuman Es kacang merah dapat sampai di Indonesia karena di kenalkan oleh imigran asal China yang datang untuk berdagang.

Baca juga : Kuliner Makanan Khas Sunda yang Paling Enak

5. Wedang tahu

Wedang tahu di perkenalkan oleh imigran asal China bernama Ong Kiem No. Minuman hangat tersebut sudah ada sejak abad ke-19 di Kota Semarang. Ketika baru pertama kali di kenalkan di Indonesia, wedang tahu isinya pun gak cuma tahu. Di dalamnya juga terdapat irisan sayur sampai udang rebon. Tak hanya makanan saja, ada banyak minuman juga yang ternyata hasil silang budaya dengan China.